Homepage
Resensi
article thumbnailIndeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia

  Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Populasi Dugong Terancam Punah

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

JAKARTA - Dugong merupakan salah satu jenis mamalia laut yang hidup pada habitat lamun. Hewan yang juga anggota lembu laut ini kini statusnya dalam kategori rawan.

Dugong menjadi salah satu hewan buruan manusia karena daging dan minyaknya. Perburuan masif yang terjadi sangat mengancam jumlah populasi Dugong khususnya di wilayah perairan Indonesia. Ancaman kepunahan Dugong juga dipicu oleh usia reproduksi dugong yang sangat lambat. Dugong membutuhkan waktu 10 tahun untuk menjadi dewasa dan 14 bulan untuk melahirkan satu individu baru pada interval 2,5 - 5 tahun.

Kepala Pusat Peneltian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dirhamsyah mengatakan pemerintah telah mengeluarkan peraturan dan menetapkan Dugong sebagai mamalia laut yang dilindungi. Namun tanpa adanya penanganan tepat dikhawatirkan binatang ini akan mengalami kepunahan di Indonesia.

“Melihat fenomena penurunan populasi Dugong di Indonesia, sangat diperlukan pertukaran data dan hasil kajian terkait Dugong dan habitatnya,” ungkap Dirhamsyah dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (19/4/2016). Karena itu LIPI menggelar Simposium Nasional Dugong dan Habitat Lamun 2016 pada di IPB International Convention Center, Bogor, Rabu (20/4/2016).

Dirhamsyah menyebutkan pertemuan antara perumus kebijakan, akademisi, peneliti dan praktisi yang memahami Dugong dan habitat Lamun sangat diperlukan agar dapat menyusun rekomendasi penyelamatan keduanya. Populasi Dugong yang tersebar di sepanjang wilayah pesisir Indonesia ini memiliki ketergantungan dengan ekosistem lamun.

Lamun adalah jenis tumbuhan berbunga yang hidup di dalam air laut dan menjadi sumber utama pakan Dugong. “Dugong adalah satu-satunya mamalia herbivora pemakan lamun yang hidup diperairan laut tropis dan sub-tropis Indo Pasifik,” tambah Dirhamsyah.

Kondisi habitat  lamun sangat memengaruhi keberadaan Dugong, sehingga penyebaran hewan ini terbatas pada kawasan pantai tempat tumbuhan lamun. Laju kerusakan ekosistem Lamun di Indonesia, berkontribusi terhadap meningkatnya ancaman terhadap kepunahan Dugong.

Luas Padang Lamun di Indonesia diperkirakan mencapai 31.000 km2. Namun data Pusat Penelitian Oseanografi LIPI menyatakan, sejauh ini baru 25.752 ha padang lamun yang tervalidasi dari 29 lokasi di Indonesia. “Besaran populasi Dugong yang ada di perairan Indonesia sampai sekarang juga belum dapat dipastikan karena kajian status populasi yang dilakukan masih terbatas,” kata Dirhamsyah.

Dirhamsyah mengharapkan simposium ini mampu memberikan solusi untuk kelestarian Dugong dan habitat Lamun.

 

 

 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Inilah Penerima Apresiasi Lembaga Litbang 2017
Kamis, 14 Desember 2017 | Setiyo Bardono

  Jakarta-Teknology-Indonesia.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali memberikan Apresiasi kepada Lembaga Penelitian dan...

Review

article thumbnail Memperbesar Peluang Energi Baru Terbarukan
Jumat, 19 Maret 2010

  “Sudah ditargetkan melalui Perpres No 5/2006 untuk mengurangi penggunaan minyak bumi. Namun,  hingga saat ini, belum ada action plan pemerintah kendati secara kebijakan atau regulasi...

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailSenin Malam, Asteroid Mendekati Bumi
15/01/2015 | Dedi Junaedi

Mulai Senin (26/1) malam, sebuah Asteroid sebesar gunung akan mendekati Bumi. Asteroid itu akan berada ada lintasan paling dekat pada jarak sekitar 1,2 juta km dari Bumi. Diperkirakan akan tetap terid [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek