Homepage
Resensi
article thumbnailIndeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia

  Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Penyerahan Hadiah Lomba Penulisan dan Foto Iptek 2015

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir menyerahkan secara langsung hadiah piala kepada para pemenang Lomba Penulisan dan Foto Iptek 2015 di Jakarta, Senin (10/8). Lomba ini terselenggara berkat kerjasama Kemenristek dikti dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MAPIPTEK).

Pada Malam Apresiasi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) itu, Menristek menyerahkan piala bergilir untuk Faiz Yajri, wartawan Majalah Bioenergi, juara pertama kategori wartawan. Sementara piala bergilir kategori penulis umum diserahkan kepada Arif Havas Oegroseno.

Selain piala, pemenang lomba kategori wartawan mendapat hadiah uang tunai yang diserahkan oleh Andrie Javs Valentino, corp secretary CTech Labs Edwar Technology. Pemenang kategori wartawan adalah Faiz Yajri (Majalah Bioenergi), Setia Lesmana (Majalah Sains Indonesia), dan Dedi Junaedi (www.technology-indonesia.com).

CTech Labs Edwar Technology, didirikan DR. Warsito P. Taruno tahun 2014 untuk pengembangan riset, inovasi dan komersialisasi teknologi ECVT sebagai sistem pemindaian untuk aplikasi di industri dan medis, serta teknogi ECCT sebagai modalitas terapi kanker berbasis gelombang energi dan frekuensi rendah.

Teknologi ECVT sudah dipakai di berbagai lembaga dunia termasuk NASA, B&W vendor reaktor nuklir AS, Ohio State University dan Departemen Energi Amerika. CTech Labs bersama Kyoto University saat ini sedang mengembangkan ECVT untuk komunikasi masa depan berbasis brain-to-machine dan brain-to-brain communication.

Selain piala, pemenang lomba penulisan Iptek kategori penulis umum yaitu Arif Havas Oegroseno, M. Riza Damanik, dan Bisman Nababan juga mendapatkan hadiah uang tunai yang diserahkan oleh perwakilan PT Donggi Senero.

PT Donggi Senero LNG (DSLNG) didirikan sebagai perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) pada 28 Desember 2007; disponsori oleh PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Hulu Energi yang memegang 29% saham, Medco LNG Indonesia (11,1%), Mitsubishi Corporation dan Korea Gas Corporation melalui Sulawesi LNG Development (59,9%).

Lingkup bisnis DSLNG adalah mengolah dan mengubah gas alam menjadi gas alam cair (LNG) untuk dipasok ke pasar LNG internasional. Gas alam tersebut dipasok dari lapangan gas PT Pertamina EP dari wilayah Matindok (85 MMCFD), ditambah dari PT PHE Tomori Sulawesi dan PT Medco E & P Tomori, dari lapangan gas di Blok Senoro-Toili (dengan total sebesar 250 MMCFD). Di sisi pembeli LNG, DSLNG telah menandatangani perjanjian jual beli LNG jangka panjang dengan Chubu Electric, Kyushu Electric dan Korea Gas Corporation.

Pemenang Lomba Foto Iptek kategori pewarta foto adalah Mushaful Imam (Koran Sindo), Hendri Nova (Harian Singgalang), dan Djuli Pamungkas (Koran Sindo Jabar). Selain piala, mereka mendapat hadiah uang tunai yang diserahkan oleh Tony Wenas, Presiden Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) unit bisnis APRIL Grup merupakan salah satu perusahaan pulp dan kertas terdepan di dunia, dengan kapasitas 2.8 juta pulp per tahun dan 820.000 ton kertas per tahun. Melalui merk PaperOne, APRIL Grup telah mengekspor ke lebih dari 75 negara.

Pada bulan Mei 2015, APRIL Grup berinvestasi Rp.4 triliun untuk pembangunan Paper Machine 3 di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau yang akan beroperasi September 2016. Teknologi ini menghasilkan jenis kertas premium dengan kecepatan 1.400 meter per menit. Dengan dukungan 160 ilmuwan dari berbagai belahan dunia, APRIL Grup akan terus mengembangkan teknologi terkini guna menghasilkan bibit dan serat kayu terbaik yang dikelola secara berkelanjutan.

Lomba Penulisan dan Foto Iptek 2015 mendapat dukungan dari BPPT Enjiniring (BE) yang merupakan salah satu unit kerja setingkat eselon II di BPPT yang mengemban tugas memasyarakatkan kajian teknologi BPPT melalui pelayanan jasa teknologi, melaksanakan manajemen proyek dan kontrak kerja serta administrasi umum layanan jasa teknologi. BE memiliki visi sebagai pemimpin dalam penyediaan teknologi melalui kepakaran, kehandalan dan dalam memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat.

BE memiliki misi melayani industri dan masyarakat dalam penerapan teknologi untuk peningkatan kesejahteraan nilai tambah dan kemandirian bangsa, menjadi pintu gerbang BPPT dalam pelayanan teknologi dan menjadi mitra terpercaya pengguna jasa teknologi serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa teknologi.

Pelaksanaan lomba juga didukung oleh Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) yang mempunyai visi menjadi Penyelenggara Layanan Informasi Publik yang Unggul di Bidang Iptek Penerbangan dan Antariksa. LAPAN yang berdiri sejak 27 November 1963, berkonsentrasi pada pengembangan teknologi dan pemanfaatan penginderaan jauh, pemanfaatan sains atmosfer, iklim dan antariksa, pengembangan teknologi dirgantara serta pengembangan kebijakan kedirgantaraan nasional.

 

 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail DRN Sampaikan Naskah Akademik untuk Undang-Undang Inovasi
Kamis, 23 November 2017 | Setiyo Bardono

Ketua Dewan Riset Nasional (DRN), Bambang Setiadi dalam Seminar Nasional bertema “Inovasi, Invensi, dan Komersialisasi Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing Nasional” di Hotel...

Review

article thumbnail Dibalik Musibah Uji Coba Roket Kendali Lumajang
Rabu, 03 Februari 2010

  Minggu lalu, terbetik berita salah satu roket uji coba milik konsorsium dibawah Kementerian Riset dan Teknologi di wilayah Lumajang, Jawa Timur melenceng dari sasaran. Para wakil konsorsium yang...

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailPemanasan Global Meningkatkan Zona Mati Lautan
21/08/2015 | Dedi Junaedi

Bukti-bukti di Zaman Es menunjukkan peningkatan suhu bisa meningkatkan luas area air laut dengan sedikit oksigen. Rendahnya kadar oksigen membuat daya dukung terhadap kehidupan di laut menurun drastic [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek