Homepage
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    BIG Gelar Lomba Penulisan Peta Desa

    Penilaian Pengguna: / 7
    JelekBagus 

    Badan Informasi Geospasial (BIG) bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mapiptek) menggelar Lomba Penulisan Artikel untuk Wartawan Media Massa Cetak dan Online. Lomba dengan tema Pemetaan Desa Mendukung Percepatan Pembangunan Nasional ini bertujuan menyosialisasikan upaya dan pencapaian informasi geospasial (IG) di bidang pemetaan batas desa,

    Pemetaan skala desa dilakukan Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya mempercepat pembangunan nasional. Hal ini terkait dengan kebijakan sembilan agenda pokok pembangunan (Nawacita) yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, khususnya agenda III yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”.

    Dengan terpetakannya wilayah desa dengan baik dan benar melalui program Pemetaan Desa ini, maka secara otomatis wilayah kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi akan dapat terpetakan dengan mudah. Penetapan dan penegasan batas desa/kelurahan merupakan cikal bakal bagi penetapan dan penegasan batas pada level di atasnya, bahkan merupakan awal pembangunan Indonesia.

    Untuk itu Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan pemetaan batas desa/kelurahan dan kecamatan secara kartometris di beberapa kabupaten. Dalam hal ini BIG bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tengah menyelesaikan pemetaan wilayah Indonesia mulai dari desa, dengan berbasis data penginderaan jauh yang lebih detil dan akurat.

    Peta berskala 1:5.000 tersebut akan menjadi rujukan terkini dan paling akurat, yang harus dimanfaatkan untuk acuan pengambilan kebijakan. Selama ini berbagai kebijakan, termasuk perencanaan pembangunan yang menjangkau daerah pinggiran tidak mengacu pada data akurat.

    Menurut Donna dari Mapiptek, lomba penulisan ini terbuka untuk semua wartawan media massa cetak maupun online. Syaratnya naskah yang diikutsertakan sudah harus diterbitkan di media massa cetak maupun online mulai 1 Januari 2016 – 9 September 2016.

    “Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu naskah. Masing-masing naskah difotokopi rangkap tiga. Penerimaan naskah paling akhir 14 September 2016,” kata Donna dalam acara pengenalan lomba di hadapan wartawan sebelum Peluncuran Peta Desa yang diadakan oleh BIG di Jakarta, Selasa (17/2).

    Panitia berhak menggunakan karya tersebut untuk keperluan publikasi dan promosi pihak penyelenggara. Penyerahan Hadiah dilaksanakan dalam rangkaian acara HUT Badan Informasi Geospasial Oktober 2016. “Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” tegas Donna.

    Naskah beserta data diri dan fotokopi tanda pengenal (KTP dan Kartu Pers) dikirim ke Panitia Lomba Penulisan Informasi Geospasial, Sekretariat Mapiptek, Jl. Cikoko Timur Raya No. 12, Pancoran - Jakarta Selatan 12770, e-mail: Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya , Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya .

     

    Juara pertama lomba akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 8.000.000 beserta plakat dan piagam. Sementara juara dua dan tiga masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp 6.000.000 dan Rp 4.000.000.

     

    Umum

    Tingkatkan Peran Guru Besar dalam Pengembangan Peradaban
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti Mohamad Nasir dalam Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB-ITB), di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB, Kamis (22/2/2018).Ageng Prasetyo/BKKP...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Info Produk
    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    ...
    Senin, 03 Juni 2013 14:45

    Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

    P...
    Minggu, 05 April 2015 14:09

    Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

     ...
    Sabtu, 12 September 2015 23:41
    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    ...
    Jumat, 04 Desember 2015 16:29
    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    ...
    Kamis, 10 Desember 2015 12:12
    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    ...
    Senin, 25 Januari 2016 23:07
    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    ...
    Senin, 01 Februari 2016 11:21
    Angket
    Artikel Apa Yang Anda Sukai?
     
    iklanmapiptek