Homepage
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Penilaian Kesesuaian sebagai Pilar SNI

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    KAN

    Sistem perdagangan global, menuntut Indonesia untuk mampu bersaing dengan negara manapun. Karena itu, perlu ditingkatkan daya saing industri dan produk nasional yang berkualitas, hingga mampu menembus pasar negara lain, sekaligus mampu menahan masuknya produk asing.

    Satu elemen penting untuk peningkatan daya saing adalah perlunya penguatan regulasi yang didukung oleh sistem penilaian kesesuaian yang kuat dan dapat dipercaya oleh semua pihak. Sebagai lembaga yang bertugas mengkoodinasikan kegiatan standardisasi nasional, Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus mendorong stakeholder untuk mengembangkan dan menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

    Upaya BSN ini tentunya menyangkut berbagai aspek penting dalam standardisasi. Salah satunya adalah pengembangan penilaian kesesuaian sebagai pilar untuk menerapkan SNI. Penilaian kesesuaian dapat diimplementasikan oleh semua pihak yang berkepentingan pada proses, produk dan atau jasa melalui proses akreditasi dan sertifikasi.

    Sesuai PP 102 tahun 2000, kegiatan akreditasi dilakukan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Sedangkan kegiatan sertifikasi melibatkan Lembaga Penilaian kesesuaian (LPK) yang terdiri dari lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi dan laboratorium. LPK harus memiliki kompetensi yang dibuktikan melalui akreditasi KAN.

    Sistem penilaian kesesuaian yang kuat akan memberikan jaminan kompetensi LPK.  Kesesuaian produk, jasa, sistem atau personel dengan persyaratan dapat meningkatkan kualitas produk/jasa dalam transaksi perdagangan.

    Dalam menyambut Hari Akreditasi Dunia pada 9 Juni yang bertemakan ”Supporting the work of regulator”, KAN kembali menyelenggarakan Lokakarya Nasional Penilaian Kekesuaian pada 8 - 9 Juni 2011 di Hotel Bidakara, Jakarta.

    Lokakarya Nasional mengusung tema “Penguatan Peran Sistem Penilaian Kesesuaian untuk Mendukung Pelaksanaan Kerjasama dan Penerapan Regulasi Teknis”. Regulasi teknis diupayakan guna menjamin keselamatan, kesehatan, keamanan dan perlindungan dengan menggunakan infrastruktur penilaian kesesuaian yang kompeten melalui akreditasi dan sertifikasi.

    Menurut Kepala BSN, Dr. Bambang Setiadi, beberapa kementerian dan lembaga pemerintah telah membuat kebijakan dan aturan dalam pemberlakuan regulasi teknis. Namun, sistem penilaian kesesuaian yang diacu dalam beberapa regulasi masih belum harmonis dengan sistem yang berlaku secara nasional maupun internasional.

    Untuk itu, dalam menyusun regulasi teknis hendaknya mengacu pada prinsip-prinsip Good Regulatory Practices (GRP) sebagaimana juga telah disepakati bersama dalam Pedoman Standardisasi Nasional (PSN) 301.

    Sistem perdagangan global pun menuntut kepercayaan, keterbukaan dan kompetensi dalam penilaian kesesuaian yang dilakukan oleh badan akreditasi yang kompeten dan diakui. Pengabaian persyaratan tersebut dapat berakibat pada ketidakmampuan produk dalam menghadapi persaingan atau bahkan penolakan  produk tersebut oleh negara tujuan ekspor.

     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Info Produk
    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    ...
    Senin, 03 Juni 2013 14:45

    Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

    P...
    Minggu, 05 April 2015 14:09

    Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

     ...
    Sabtu, 12 September 2015 23:41
    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    ...
    Jumat, 04 Desember 2015 16:29
    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    ...
    Kamis, 10 Desember 2015 12:12
    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    ...
    Senin, 25 Januari 2016 23:07
    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    ...
    Senin, 01 Februari 2016 11:21
    Angket
    Artikel Apa Yang Anda Sukai?
     
    iklanmapiptek