Homepage
Resensi
article thumbnailIndeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia

  Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Wapres Jusuf Kalla: Hasil Riset Harus Dihilirasi

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
alt
 
Technology-Indonesia.com - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) mengatakan hasil-hasil riset dan inovasi yang baik harus sampai pada proses hilirisasi atau implementasi dan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, serta memiliki dampak yang luas. 
 
"Hasil-hasil riset jangan hanya sebagai lampiran penelitian untuk naik pangkat saja, tetapi harus diimplementasikan menjadi barang yang bermanfaat secara nyata," ujar Wapres Jusuf Kalla dalam Seminar Nasional bertema Hilirisasi Teknologi dan Start-Up Bisnis di Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, Senin (4/12/2017).
 
Wapres JK memaparkan, fungsi dari perguruan tinggi tidak lepas dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perguruan tinggi harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi yang saat ini berkembang pesat.
 
"Seluruh kemajuan teknologi saat ini harus menjadikan acuan bagi kita untuk lebih berinovatif dalam menciptakan segala hal. Bila tidak dapat mengikuti perubahan itu, maka kita akan tertinggal dan hanya menjadi konsumen dari negara-negara maju," imbuhnya
 
Jusuf Kalla mendorong agar perguruan tinggi dapat berkolaborasi dengan dunia usaha dan anak-anak muda yaitu mahasiswa dalam mengembangkan hasil-hasil penelitiannya. Ia meyakini, suasana kampuslah yang akan memberikan perubahan kepada diri seseorang untuk lebih berinovatif dan berkembang dalam menciptakan sesuatu.
 
"Penelitian tidak akan ada tanpa adanya pendidikan. Penelitian tidak boleh berhenti di pameran penelitian saja, karena kalau hanya berhenti di pameran tidak akan mempunyai dampak yang luas. Mahasiswa dalam melakukan penelitan juga harus melihat kepada dunia nyata," ucapnya.
 
Ia menambahkan, mahasiswa yang sedang melakukan inovasi dengan serangkaian penelitian harus diiringi studi banding. Sebab, studi banding menjadi pengalaman untuk mengembangkan lebih luas hasil penelitian tersebut.
 
"Studi banding harus dilakukan lebih luas lagi, karena apa yang akan dibuat dan bagaimana penemuan itu nantinya dapat diimplementasikan, bagaimana bisa dijual, karena yang terpenting kan bagaimana hasil penelitian itu dapat dijual," tambahnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Wapres JK juga meresmikan "Jusuf Kalla Innovation and Entrepreneurship Center" sebagai rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Akademik Universitas Brawijaya (BUA-UB).
 
Hadir juga dalam seminar ini, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Rektor UB Mohammad Bisri, dan civitas akademika UB.
 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Inilah Penerima Apresiasi Lembaga Litbang 2017
Kamis, 14 Desember 2017 | Setiyo Bardono

  Jakarta-Teknology-Indonesia.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali memberikan Apresiasi kepada Lembaga Penelitian dan...

Review

article thumbnail Dibalik Musibah Uji Coba Roket Kendali Lumajang
Rabu, 03 Februari 2010

  Minggu lalu, terbetik berita salah satu roket uji coba milik konsorsium dibawah Kementerian Riset dan Teknologi di wilayah Lumajang, Jawa Timur melenceng dari sasaran. Para wakil konsorsium yang...

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailAkselerasi Menuju Swasembada Kedelai
21/05/2015 | Dedi Junaedi

Dalam waktu tiga tahun, Pemerintahan Jokowi-JK berkomitmen untuk mengejar target swasembada pangan. Khususnya untuk tiga komoditas: beras, jagung, dan kedelai. Swasembada pangan, menurut Wapres JK,   [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek