Homepage
Resensi
article thumbnailSejarah Panjang Pengamatan Cuaca di Indonesia

Judul Buku : BMKG, 70 Tahun Melayani Masyarakat Penulis : Tim Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbit : BMKG bekerjasama dengan MAPIPTEK Tebal : viii + 206 halam [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Wapres Dorong Revitalisasi Pendidikan Vokasi

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

alt

Technology-Indonesia.com - Pendidikan vokasi dan dunia industri menjadi elemen penting terhadap kemajuan negara. 
 
Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja (kunker) di Politeknik Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Surakarta, pada Selasa (7/11/2017). Dalam kunker tersebut, Wapres didampingi Menristekdikti Mohamad Nasir, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri, dan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto.
 
"Inilah aset generasi muda. Aset bukan hanya mesin, tapi otak dan kedisiplinan yang bisa dimanfaatkan oleh industri. Jawa Timur butuh tenaga kerja 70 ribu untuk industri, tapi tidak ada yang mempunyai skill," kata Wapres.
 
Pemerintah ingin generasi muda mempunyai kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan dunia Industri. Untuk penguatan vokasional, Wapres menginstrusikan kepada para menteri, gubernur, dan kepala BNSP agar mengambil langkah langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing masing dalam merevitalisasi pendidikan vokasi. 
 
“Ini untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Indonesia," terang Wapres.
 
Saat ini pemerintah juga tengah menggenjot vokasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).  Menurut Wapres, SMK butuh peralatan dan instruktur bukan hanya teoritis tapi juga anggaran besar. 
 
"Menristekdikti, Menaker, dan Menperin harus berkoordinasi supaya disusun peta kebutuhan tenaga kerja, bagi lulusan SMK sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing dengan berpedoman pada peta jalan pengembangan SMK," lanjutnya.
 
Direktur Politeknik ATMI Surakarta, T. Agus Sriyono mengungkapkan pihaknya sudah melakukan revitalisasi vokasional sejak SMK. Penguatan vokasional dilakukan ATMI karena banyak industri yang membutuhkan tenaga kerja ber-skill tinggi.    
"Kami akan membuka Poltek ATMI Cikarang yang dekat dengan industri. Ini upaya ATMI berbagi vokasi dengan daerah lain," ujarnya.
 
ATMI mengelola edukasi yang produktif, menjadi pusat pendidikan vokasi, menambah kapasitas, kesulitan. Meski begitu ATMI menghadapi kendala berupa kurangnya diferensiasi antara politeknik dengan universitas, masih sedikit industri yang terlibat dalam pendidikan vokasi, terbatasnya kemampuan investasi untuk mengejar percepatan teknologi, kepastian lokal pengembangan kampus tiga.   
                                                                   
"Kami berharap Kemenristekdikti dan Pemda bisa membantu ATMI dalam upaya penguatan vokasional," pungkasnya.
 
 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Ecodome, Wahana Baru di Kebun Raya Bogor
Rabu, 15 November 2017 | Setiyo Bardono

Ecodome, wahana baru di Kebun Raya Bogor (Foto Humas LIPI)   Technology-Indonesia.com - Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PKT...

Review

article thumbnail Kembali Menanti Energi Alternatif
Jumat, 19 Maret 2010

Hal itu, lanjut dia, semakin menaikkan ketergantungan Indonesia kepada BBM  untuk sektor transportasi. "Padahal, sekitar 60 persen BBM diserap sektor transportasi," ujarnya.

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailFGD Pakan Mandiri: Menuju Kedaulatan Pakan Ikan
21/08/2015 | Dedi Junaedi

Iklim sedang bersahabat ketika Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) Pakan Mandiri ini diselenggarakan Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar, Bogor, Senin (23/2) lalu. Seharian penu [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek