Homepage
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Menristekdikti Resmikan Politeknik Ketenagakerjaan Bekasi

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    Peresmian Polteknaker

    Menristekdikti bersama Menaker dan MenPAN RB saat meresmikan Politeknik Ketenagakerjaan di BBPLK, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, pada Kamis (26/10/2017) Foto Tulus/Kemenristekdikti

    Technology-Indonesia.com - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meresmikan Politeknik Ketenagakerjaan di BBPLK, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, pada Kamis (26/10/2017). Peresmian dilakukan bersama Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur.
     
    Menristekdikti menyambut baik langkah strategis yang ditempuh oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan mendirikan Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) untuk melahirkan tenaga kerja baru yang berkompeten.
     
    “Pendidikan vokasi di Indonesia hanya sekitar 16%. Politeknik harus kita dorong agar menjadi Politeknik yang berkualitas dan unggul. Saya yakin kedepannya pendidikan vokasi akan menjadi salah satu pilihan favorit bagi anak-anak di Indonesia untuk mengemban pendidikan yang lebih tinggi,” tutur Menristekdikti.
     
    Bila dibandingkan, jumlah penduduk Indonesia hanya sebanyak satu banding enam dari jumlah penduduk di China. Namun di China hampir 56% perguruan tingginya merupakan pendidikan vokasi. Indonesia juga memiliki jumlah perguruan tinggi yang lebih banyak dibanding China,  tetapi China memiliki lebih banyak tenaga kerja yang produktif.
     
    “Kompetensi tenaga kerja banyak dipengaruhi oleh pengalaman semasa kerja dan pengalaman kerja semasa masih menjadi peserta didik. Saat ini, pendidikan vokasi menjadi kunci jawaban atas kebutuhan tenaga kerja yang produktif dan kompetitif,” ujar Menteri Nasir.
     
    Menteri Nasir menambahkan, para pendidik di politeknik tidak hanya berasal dari lulusan akademik dengan syarat lulusan pendidikan S1 ataupun S2. Ketika seseorang sudah menjadi ahli industri di bidangnya dan berpengalaman, itu bisa menjadi prioritas untuk menjadi dosen di politeknik.
     
    “Ini pernah terjadi ketika seseorang ingin menjadi dosen di politeknik dengan riwayat pendidikannya hanya sampai Diploma 3 (D3) Pelayaran. Tetapi, dia memiliki riwayat kerja bersama nahkoda selama 10 tahun dan memiliki sertifikat tertinggi pada bidangnya. Pengalamannya ini menjadikan bisa lebih mumpuni dan layak untuk menjadi dosen di politeknik dengan berbagai pertimbangan,” terangnya.
     
    Harapan Menteri Nasir, nantinya selain mendapatkan ijazah, lulusan politeknik juga harus memiliki sertifikat kompetensi di bidangnya masing-masing minimal pada tingkatan lima. Ia juga mengimbau agar mahasiswa politeknik jangan hanya menjadi ahli madya tetapi harus diarahkan untuk memiliki sertifikasi industri.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Info Produk
    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    ...
    Senin, 03 Juni 2013 14:45

    Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

    P...
    Minggu, 05 April 2015 14:09

    Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

     ...
    Sabtu, 12 September 2015 23:41
    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    ...
    Jumat, 04 Desember 2015 16:29
    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    ...
    Kamis, 10 Desember 2015 12:12
    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    ...
    Senin, 25 Januari 2016 23:07
    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    ...
    Senin, 01 Februari 2016 11:21
    Angket
    Artikel Apa Yang Anda Sukai?
     
    iklanmapiptek