Homepage
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Kongres Perekayasa Nasional Resmikan Pembentukan Himperindo

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
     
     
    alt
     
    Jakarta, Technology-Indonesia.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar Kongres Perekayasa Nasional 2017 di Jakarta. Kongres ini bertujuan meresmikan pembentukan Himpunan Perekayasa Indonesia (Himperindo), sebuah organisasi profesi jabatan fungsional perekayasa.
     
    Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan, sumber daya manusia (SDM) perekayasa merupakan salah satu aset strategis yang diharapkan berperan lebih kompeten dan professional dalam menghasilkan karya-karya teknologi dan produk inovatif yang berdaya saing tinggi di pasar global, regional, dan nasional untuk mendukung pembangunan nasional dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur.
     
    “Himperindo merupakan wadah atau forum komunikasi insan perekayasa yang diharapkan mampu menampung seluruh aspirasi dan kepentingan para perekayasa untuk terus menerus meningkatkan kebersamaan dan semangat serta etos kerja yang terukur,” kata Unggul dalam pembukaan Kongres Perekayasa Nasional di Auditorium Gedung II BPPT, Jakarta, Rabu (18/10/2017). 
     
    Keberadaan SDM Perekayasa tersebar di berbagai tempat kerja dan wilayah, baik di instansi/lembaga pemerintah maupun swasta atau perorangan. Saat ini jumlah pemangku jabatan fungsional perekayasa sebanyak 2.474 orang.
     
    Kondisi ini, menyebabkan koordinasi dan komunikasi menjadi tantangan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan kerekayasaan teknologi dan industri nasional. Untuk itu diperlukan suatu wadah organisasi profesi yang bernaung dalam Himperindo. 
     
    Kepala BPPT berharap melalui wadah ini karya-karya kerekayasaan dapat lebih terintegrasikan antar kementerian dan lembaga, dipublikasikan dan dimanfaatkan secara luas baik tingkat nasional maupun internasional.
     
    Menurutnya, pembentukan organisasi ini merupakan implementasi dari amanah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, serta Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Sipil kepada Institusi Pembina Jabatan Fungsional. BPPT dalam hal ini merupakan instansi Pembina jabatan fungsional perekayasa.
     
    Dalam amanah tersebut dinyatakan instansi pembina jabatan fungsional perekayasa wajib memfasilitasi pembentukan organisasi profesi jabatan fungsional yang dibinanya. Setiap pejabat fungsional wajib menjadi anggota organisasi tersebut.
     
    BPPT selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Perekayasa bertanggung jawab dalam memfasilitasi penyelenggaraan  Kongres Perekayasa  Nasional untuk membentuk Himperindo serta memilih dan mengukuhkan Ketua Umum Pengurus Pusat Himperindo melalui Sidang Pleno.
     
    Saat pemilihan Ketua Umum Himperindo masa bakti 2017-2020, terpilih Dr. I Nyoman Jujur, Perekayasa Ahli Utama, Pusat Teknologi Material-TIEM BPPT. Nyoman mengalahkan pesaingnya Zarochman, M.Pi., perekayasa dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
     
    Sebagai Ketua Umum terpilih, Nyoman berharap Himperindo bisa menjembatani aspirasi para perekayasa antara kementerian dan lembaga, serta menjadi wadah untuk penyampaian aspirasi agar tugas kerekayasaan itu kedepan bisa lebih profesional.
     
    Karena pengurusan Himperindo baru saja terbentuk, Nyoman mengatakan hal tercepat yang akan dilakukan adalah melengkapi perangkat organisasi. Terkait tentang kode etik akan dikoordinasikan dengan instansi pembina jabatan Fungsional perekayasaan nasional untuk merumuskannya.
     
    Kongres ini dihadiri kurang lebih 250 peserta yang terdiri dari para perekayasa, pejabat Kementerian PANRB, penerima Perekayasa Utama Kehormatan BPPT, pejabat dan pengelola SDM dari kementerian dan lembaga di tingkat nasional termasuk perwakilan dari pemerintah daerah yang memiliki perjabat fungsional perekayasa di masing-masing kementerian dan lembaga.
     
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Info Produk
    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    ...
    Senin, 03 Juni 2013 14:45

    Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

    P...
    Minggu, 05 April 2015 14:09

    Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

     ...
    Sabtu, 12 September 2015 23:41
    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    ...
    Jumat, 04 Desember 2015 16:29
    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    ...
    Kamis, 10 Desember 2015 12:12
    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    ...
    Senin, 25 Januari 2016 23:07
    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    ...
    Senin, 01 Februari 2016 11:21
    Angket
    Artikel Apa Yang Anda Sukai?
     
    iklanmapiptek