Homepage
Resensi
article thumbnailSejarah Panjang Pengamatan Cuaca di Indonesia

Judul Buku : BMKG, 70 Tahun Melayani Masyarakat Penulis : Tim Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbit : BMKG bekerjasama dengan MAPIPTEK Tebal : viii + 206 halam [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Wapres RI Tekankan Pentingnya Penguasaan Iptek dan Inovasi di Negara OKI

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
alt
 
Technology-Indonesia.com - Penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi merupakan suatu keharusan bagi seluruh negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) agar dapat menghadapi berbagai tantangan global, antara lain: pengentasan kemiskinan, penanggulangan penyakit, kekurangan pangan, krisis energi serta air, dan lain lain. 
 
Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla saat menyampaikan pernyataan Pemerintah Indonesia pada Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI I mengenai iptek (1st OIC Summit on Science, Technology and Innovation) di Astana, Kazakhstan, Minggu (10/9/2017). 
 
KTT OKI mengenai iptek merupakan KTT tematik pertama di bawah kerangka forum kerjasama OKI dengan tema “Science, Technology, Innovation and Modernization of the Muslim World”. KTT diselenggarakan atas kesepakatan seluruh negara OKI pada berbagai pertemuan KTT OKI. Termasuk KTT OKI terakhir di Istanbul pada April 2016. Seluruh 56 negara anggota OKI berpartisipasi pada rangkaian pertemuan KTT OKI Iptek ini. 
 
Wapres RI menekankan pentingnya menciptakan kerjasama erat antar center of excellence bidang iptek dan inovasi yang saling terintegrasi antara negara OKI untuk berbagi hasil kegiatan riset dan pengembangan bidang iptek. 
 
Indonesia juga mendorong seluruh negara OKI terus mengembangkan iptek dan inovasi sejak pendidikan dasar, disertai penguatan kurikulum iptek dan pengembangan budaya iptek sejak usia dini. Selain itu, seluruh negara OKI harus terus mengarustamakan iptek dan inovasi di dalam kebijakan dan strategi nasionalnya masing-masing. 
 
Lebih lanjut, Wapres RI menyerukan agar seluruh negara anggota OKI memperkuat kerjasama saling berbagi pengalaman, baik antar negara OKI maupun dengan negara lain serta berbagai pemangku kepentingan lainnya. 
 
Wapres RI menutup sambutannya dengan penekanan khusus bahwa seluruh negara OKI perlu kembali memajukan peran Islam dalam pengembangan aspek iptek dan inovasi untuk kesejahteraan umat manusia secara keseluruhan. Hal ini merupakan realiasi nyata dari nilai utama Islam sebagai Rahmatan lil Alamiin. 
 
Tercatat sekitar 20 kepala negara/pemerintah, raja, dan wakil presiden dari negara OKI hadir pada KTT OKI. Termasuk Presiden Turki selaku Ketua OKI periode 2016-2019 dan Presiden Pakistan selaku Ketua Standing Committee OKI mengenai Iptek/COMSTECH. 
 
Pada akhir KTT, diharapkan seluruh kepala negara/wakil kepala negara akan mengesahkan dokumen OIC Science, Technology and Innovation 2026 serta Astana Declaration. Dokumen OIC STI 2026 merupakan road map Iptek negara-negara OKI untuk periode 2017-2026. Sedangkan Astana Declaration  berisi pernyataan bersama seluruh kepala negara/wakil kepala negara OKI mengenai hal-hal utama mengenai pengembangan iptek di negara OKI bagi kepentingan seluruh umat manusia. 
 
Delegasi RI pada KTT dipimpin oleh Wapres RI dan didampingi oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menristekdikti, Wakapolri, Dubes RI Astana (Rahmat Pramono) serta para pejabat tinggi dari berbagai kementerian/lembaga terkait.
 
 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Sebelas Institusi Deklarasikan Konsorsium Riset Samudera
Selasa, 26 September 2017 | Setiyo Bardono

  Jakarta, Technology-Indonesia.com – Sebelas kementerian/lembaga dan universitas sepakat mendeklarasikan Konsorsium Riset Samudera, di Jakarta, Selasa...

Review

article thumbnail Kembali Menanti Energi Alternatif
Jumat, 19 Maret 2010

Hal itu, lanjut dia, semakin menaikkan ketergantungan Indonesia kepada BBM  untuk sektor transportasi. "Padahal, sekitar 60 persen BBM diserap sektor transportasi," ujarnya.

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailSenin Malam, Asteroid Mendekati Bumi
15/01/2015 | Dedi Junaedi

Mulai Senin (26/1) malam, sebuah Asteroid sebesar gunung akan mendekati Bumi. Asteroid itu akan berada ada lintasan paling dekat pada jarak sekitar 1,2 juta km dari Bumi. Diperkirakan akan tetap terid [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek