Homepage
Resensi
article thumbnailSejarah Panjang Pengamatan Cuaca di Indonesia

Judul Buku : BMKG, 70 Tahun Melayani Masyarakat Penulis : Tim Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbit : BMKG bekerjasama dengan MAPIPTEK Tebal : viii + 206 halam [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Menristekdikti Tekankan 3 Kunci Utama Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
alt
 
Jakarta, Technology-indonesia.com - Menteri Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melantik rektor Universitas Terbuka dan Universitas Khairun pada hari ini (26/7/2017), di Kantor Kemristekdikti, Senayan, Jakarta. Pada pelantikan ini, Menristekdikti menyampaikan tiga kunci utama dalam peningkatan kualitas perguruan tinggi yaitu kemampuan berinovasi, daya kreatifitas, dan entrepreneurship.
 
Menristekdikti menjelaskan perguruan tinggi harus senantiasa melahirkan inovasi-inovasi berkualitas. Supaya perguruan tinggi mampu menghasilkan inovasi berkualitas, maka kualitas riset harus dijaga. 
 
“Inovasi harus dilakukan tiada henti. Harus jalan terus. Inovasi bisa dilakukan kalau kita melakukan riset yang baik. Karena itu masalah riset menjadi sangat penting supaya perguruan tinggi mampu menghasilkan inovasi yang berkualitas,” terangnya.
 
Faktor selanjutnya kreativitas yaitu bagaimana upaya manajemen perguruan tinggi mengembangkan institusi untuk menjadi lebih baik. “Kreativitas tidak hanya pada sesaat, tapi bagaimana mengembangkan institusi yang lebih baik. Bagaimana mutu pendidikan makin baik. Bagaimana Keuangan makin baik,” ujarnya.
 
Faktor ketiga, entrepreneur yaitu bagaimana perguruan tinggi mampu menghasilkan entrepreneur muda yang mengembangkan usaha berbasis inovasi teknologi. Menristekdikti mendorong perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang mampu memiliki jiwa entrepreneur
 
”Kita harus berjuang keras bagaimana perguruan tinggi tidak hanya menghasilkan lulusan begitu saja tapi kalau bisa ke depan menghasilkan seorang entrepreneur muda,” dorong Menteri Nasir.
 
Selain ketiga faktor tersebut, Menristekdikti menekankan bahwa good governance harus menjadi nafas utama supaya terwujud lembaga perguruan tinggi yang sehat. Transparansi, Akuntabilitas, dan Responsibilitas merupakan inti terwujudnya good governance di lingkungan kampus. Good governance ini merupakan salah satu upaya antisipatif menghindari masalah di kemudian hari. 
 
“Jangan sampai stakeholder, jangan sampai yang ada di lingkungan kampus selalu bertanya-tanya terhadap apa yang sudah dilakukan oleh Rektor. Apa yang dilaksanakan oleh manajemen? Untuk itu semua kebijakan, semua keputusan ini harus ditunjukkan kepada publik, kepada para stakeholder,” pungkasnya.
 
Dua rektor PTN yang dilantik adalah Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D  sebagai Rektor Universitas Terbuka periode 2017 - 2021, dan Prof. Dr. Husen Alting, S.H., M.H sebagai Rektor Universitas Khairun periode 2017 – 2021.
 
 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Ecodome, Wahana Baru di Kebun Raya Bogor
Rabu, 15 November 2017 | Setiyo Bardono

Ecodome, wahana baru di Kebun Raya Bogor (Foto Humas LIPI)   Technology-Indonesia.com - Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PKT...

Review

article thumbnail Kembali Menanti Energi Alternatif
Jumat, 19 Maret 2010

Hal itu, lanjut dia, semakin menaikkan ketergantungan Indonesia kepada BBM  untuk sektor transportasi. "Padahal, sekitar 60 persen BBM diserap sektor transportasi," ujarnya.

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailPemanasan Global Meningkatkan Zona Mati Lautan
21/08/2015 | Dedi Junaedi

Bukti-bukti di Zaman Es menunjukkan peningkatan suhu bisa meningkatkan luas area air laut dengan sedikit oksigen. Rendahnya kadar oksigen membuat daya dukung terhadap kehidupan di laut menurun drastic [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek