Homepage
Resensi
article thumbnailSejarah Panjang Pengamatan Cuaca di Indonesia

Judul Buku : BMKG, 70 Tahun Melayani Masyarakat Penulis : Tim Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbit : BMKG bekerjasama dengan MAPIPTEK Tebal : viii + 206 halam [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Lima Kandidat Jalani Seleksi Anugerah Iptek 2017

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
alt
 
Jakarta, Technology-indonesia.com – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sedang melakukan seleksi kandidat pemenang Anugerah Iptek 2017 pada 19 – 21 Juli 2017 di Ruang Rapat Gedung II BPPT Lantai 24 Jakarta. Pemberian Anugerah Iptek 2017 merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hakteknas ke-22 tahun 2017.
 
Salah satu tim juri, Dodi Slamet Riyadi mengatakan pada hari pertama telah dilakukan seleksi lima calon penerima Anugerah Iptek 2017 kategori Budhipura yaitu Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Lampung, Riau, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Pada hari kedua dilaksanakan seleksi untuk lima kandidat penerima Anugerah Iptek kategori Budhipraja yaitu Kota Cimahi, Kota Magelang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Sragen.
 
“Kami menilai perkembangan atau kinerja sistem inovasi daerah yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota,” kata Dodi Slamet Riyadi yang juga menjabat sebagai Asisten Deputi Penataan Ruang dan Kawasan Strategis Ekonomi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (20/7/2017).
 
Menurut Dodi, saat ini beberapa daerah sudah punya komitmen terhadap sistem inovasi, terutama dalam rangka pengembangan Research and Development (R&D). Beberapa hal yang ditanyakan antara lain terkait perkembangan Smart City yang bisa diukur secara infrastruktur. Penilaiannya, sampai sejauh mana pemerintah kabupaten/kota telah menerapkan penggunaan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK), misalnya pemasangan CCTV di setiap jalan. 
 
Namun yang lebih penting adalah respon kepala daerah dalam menanggapi keluhan masyarakat. “Jadi sebenarnya ukuran pemerintah kebupaten/kota itu sejauh mana komitmen kepala daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.
 
Dodi mencontohkan, ketika ada masyarakat yang sakit, dengan aplikasi handphone saja ambulans sudah datang, dengan beberapa menit itu yang diukur. “Semakin pendek waktunya, tentunya semakin responsif. Namun, teman-teman daerah ini tidak menyampaikannya, padahal sebetulnya itu inovasi," terangnya.  
 
Dalam kesempatan tersebut, Dodi mencontohkan beberapa daerah yang bisa menjadi acuan penerapan Smart City. DKI Jakarta menggunakan aplikasi Qlue, sehingga jika ada keluhan masyarakat bisa disampaikan melalui aplikasi Qlue ini. Sementara Pemkot Bandung sudah menerapkan Command Center atau pusat komando, untuk melihat situasi kota Bandung secara keseluruhan hingga ke pelosok melalui CCTV. 
 
Anugerah Iptek 2017 juga akan diberikan kepada lembaga yang telah mendorong dan mendukung pembangunan inovasi di masyarakat. Calon penerima Anugerah Iptek kategori Widya Kridha adalah Bandung Techno Park, Lembaga Swa Bina Prakasa, Pro Indonesia, Technopreneur Kitin Kitosan Indonesia, dan Visio Incubator.
 
 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Ecodome, Wahana Baru di Kebun Raya Bogor
Rabu, 15 November 2017 | Setiyo Bardono

Ecodome, wahana baru di Kebun Raya Bogor (Foto Humas LIPI)   Technology-Indonesia.com - Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PKT...

Review

article thumbnail Kembali Menanti Energi Alternatif
Jumat, 19 Maret 2010

Hal itu, lanjut dia, semakin menaikkan ketergantungan Indonesia kepada BBM  untuk sektor transportasi. "Padahal, sekitar 60 persen BBM diserap sektor transportasi," ujarnya.

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailM-RNA untuk Menambah Umur Biologis
20/08/2015 | dedi junaedi

Belakangan kian banyak muncul penyakit degeneratif dan gejala penuaan (aging). Bagaimana menyembuhkannya, apakah ada solusi ampuh mengatasinya? Mungkinkah manusia bisa menambah umur biologisnya? Ini  [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek