Homepage
Resensi
article thumbnailSejarah Panjang Pengamatan Cuaca di Indonesia

Judul Buku : BMKG, 70 Tahun Melayani Masyarakat Penulis : Tim Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbit : BMKG bekerjasama dengan MAPIPTEK Tebal : viii + 206 halam [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Forum Bakohumas Membumikan Isu Iptek dan Hakteknas

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
alt
Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im saat membuka Temu Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pemerintah di Hotel Oria, Jakarta, Rabu (12/7/2017). Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti
 
Technology-indonesia.com - Isu-isu ilmu pengetahuan dan teknologi masih belum membumi di kalangan masyarakat, termasuk di perguruan tinggi. 
 
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im saat membuka Temu Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pemerintah di Hotel Oria, Jakarta, Rabu (12/7/2017). Agenda pokok forum yang dihadiri 113 humas kementerian, lembaga dan BUMN ini terkait peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22.
 
“Forum ini sangat baik untuk menjelaskan kapasitas Iptek dan Inovasi kepada masyarakat, terutama menjelang Hakteknas 10 Agustus mendatang," ujarnya.
 
Ainun menjelaskan forum ini juga penting untuk membangun serta meningkatkan sinergi dan daya saing Indonesia di bidang Iptek dan inovasi. “Sebagai bagian dari pemerintah, kita mempunyai kewajiban untuk mensosialisasikan Iptek di Indonesia,” terangnya.
 
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widyastuti menjelaskan Forum Bakohumas merupakan aset strategis dalam mendesiminasikan program pemerintah pada masyarakat. Niken yakin melalui forum ini, informasi mengenai iptek dan Hakteknas akan semakin dikenal lebih luas di masyarakat. 
 
Niken mengatakan Hakteknas merupakan reaktualisasi dari anak bangsa yang mampu membuat teknologi tingkat tinggi dan teknologi tepat guna. Hakteknas juga bisa mendorong anak-anak muda Indonesia untuk bisa menjadi lebih kreatif dan inovatif. “Masyarakat harus mempunyai kepedulian terhadap iptek untuk kemajuan bangsa Indonesia,” harap Niken.
 
Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe mengatakan peringatan Hakteknas 2017 bukan hanya bersifat seremonial, namun merupakan pijakan bagi pengembangan iptek dan inovasi ke depan.  “Tema Hakteknas 2017 Pembangunan Maritim Berbasis Inovasi sesuai dengan semangat Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” ungkap Jumain.
 
Jumain menambahkan ada lima hal yang sangat penting untuk menggelorakan iptek dan inovasi yakni Academic, Bussiness, Government, Community dan Media (ABGCM). Dengan sinergi yang baik antar kelima elemen tersebut, Jumain yakin iptek dan inovasi Indonesia akan semakin berkembang maju dan dapat menaikkan daya saing bangsa.
 
Sementara itu, Asisten Deputi Pendayagunaan Iptek Maritim Kemenko Maritim Nani Hendiarti menyampaikan langkah- langkah yang telah ditempuh pemerintah untuk mewujudkan target Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. 
 
Nani mengatakan ada lima pilar mewujudkan target tersebut yakni Komitmen untuk membangun kembali budaya maritim Indonesia, Komitmen untuk menjaga dan mengelola sumber daya laut, mendorong pengembangan infrastruktur dan konektifitas maritim, diplomasi maritim dan membangun kekuatan pertahanan maritim.
 
 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Ecodome, Wahana Baru di Kebun Raya Bogor
Rabu, 15 November 2017 | Setiyo Bardono

Ecodome, wahana baru di Kebun Raya Bogor (Foto Humas LIPI)   Technology-Indonesia.com - Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PKT...

Review

article thumbnail Dibalik Musibah Uji Coba Roket Kendali Lumajang
Rabu, 03 Februari 2010

  Minggu lalu, terbetik berita salah satu roket uji coba milik konsorsium dibawah Kementerian Riset dan Teknologi di wilayah Lumajang, Jawa Timur melenceng dari sasaran. Para wakil konsorsium yang...

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailSpecies Baru Burung Hantu Ditemukan di Timur Tengah
21/08/2015 | Dedi Junaedi

Tim riset Natural History Museum of Bern (NHMB) di Swiss melaporkan pihaknya telah menemukan species baru burung hantu. Species itu diberi nama lmiah spesies Strix hadorami sebagai penghormatan terhad [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek