Homepage
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Kemenristekdikti Dorong Hasil Penelitian Masuk ke Industri dan Pasar

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe dalam Forum Inovasi Industri di Jakarta, Senin (20/3/2017)
     
    Jakarta, technology-indonesia.com - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus mendorong agar hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga litbang tidak hanya sampai pada prototipe pengembangan teknologi, tetapi masuk kepada prototipe industri dan prototipe pasar.
     
    “Di dalam kegiatan pengembangan inovasi, lembaga litbang dan perguruan tinggi dalam hal ini peneliti dan perekayasa dan  inovator harus bekerja sama dengan industri agar produk yang dihasilkan bisa sampai ke pasar,” kata Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe dalam Forum Inovasi Industri di Jakarta, Senin (20/3/2017).
     
    Menurut Jumain, inovasi tidak hanya suatu pengembangan riset teknologi dan tidak hanya penciptaan kreativitas. Namun, inovasi adalah suatu produk atau proses yang dapat memberikan pemanfaatan dan pembaruan. 
     
    “Pengembangan inovasi tidak hanya berhenti pada prototipe atau penelitian dan pengembangan saja. Tapi yang sangat penting adalah bagaimana hasil penelitian dan pengembangan bisa sampai pada produk atau proses. Lebih lanjut dari itu adalah sampai kepada pengembangan kegiatan yang ada di pasar,” tuturnya.
     
    Penggunaan produk hasil riset dalam negeri oleh industri dapat memberi nilai ekonomi dan mengurangi ketergantungan impor. Namun industri masih enggan karena prototipe yang dihasilkan belum sesuai dengan kebutuhan pasar atau teknologi yang dihasilkan belum tersertifikasi.
     
    Penyelenggaraan kegiatan riset dilakukan mulai dari tahap eksplorasi hingga difusi teknologi. Tahap eksplorasi mencakup perumusan ide/konsep, riset eksplorasi hingga feasibility. Temuan baru hasil eksplorasi dikembangkan menjadi prototipe (uji alpha) yang kemudian diujikan di lapangan (uji beta). 
     
    Peralihan dari uji beta ke tahap difusi merupakan tahapan terberat dalam proses pengembangan inovasi. Banyak riset berakhir di death of valley karena tidak mampu melaju ke tahap komersialisasi. Untuk itu perlu campur tangan pemerintah untuk menjembatani tahapan peralihan dari uji beta ke tahap difusi hingga menghasilkan produk inovasi. 
     
    Karena itu, Kemenristekdikti menjalin kerja sama dengan lembaga litbang, perguruan tinggi, industri, dan kelompok masyarakat dalam pengembangan inovasi. “Kerja sama pengembangan inovasi ini sangat penting, agar kita dapat memanfaatkan kemampuan kita sendiri dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan daya saing industri dan daya saing nasional di masa yang akan datang,” ungkap Jumain.
     
    Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Na’im mengatakan peningkatan inovasi memang sebuah keharusan untuk meningkatkan daya saing bangsa. 
     
    “Jika kita punya inovasi akan mengurangi ketergantungan dengan negara lain sehingga meningkatkan daya saing. Sehingga kita tidak hanya jadi pembeli tetapi juga penjual dan menciptakan kekuatan dimana lebih banyak negara atau pihak-pihak lain tergantung pada kita,” ungkapnya.
     
    Dalam forum tersebut dilaksanakan penandatangan kerjasama Kemenristekdikti dengan penerima pendanaan inovasi industri sebanyak 53 proposal dari 177 proposal yang masuk. Serta pendanaan inovasi perguruan tinggi di industri sebanyak 13 proposal dari 31 proposal yang masuk pada 2016-2017.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Info Produk
    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    ...
    Senin, 03 Juni 2013 14:45

    Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

    P...
    Minggu, 05 April 2015 14:09

    Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

     ...
    Sabtu, 12 September 2015 23:41
    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    ...
    Jumat, 04 Desember 2015 16:29
    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    ...
    Kamis, 10 Desember 2015 12:12
    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    ...
    Senin, 25 Januari 2016 23:07
    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    ...
    Senin, 01 Februari 2016 11:21
    Angket
    Artikel Apa Yang Anda Sukai?
     
    iklanmapiptek