Homepage
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Kemenristekdikti Gelar Pameran Produk Unggulan PUI 2016

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    Sekretaris Ditjen Kelembagaan Iptek Dikti, Agus Indarjo (tengah) saat meninjau Pameran Gelar Produk Unggulan PUI 2016.

    JAKARTA - Proses hilirisasi produk riset membutuhkan proses dan tahapan panjang, serta melibatkan banyak pihak, diantaranya proses standarisasi, sertifikasi, perlindungan kekayaan intelektual, perijinan, dan sebagainya. Karena itu, diperlukan forum komunikasi dan interaksi berbagai pihak untuk mendorong hilirisasi produk unggulan dari Pusat Unggulan Iptek (PUI).

    Untuk mendorong percepatan hilirisasi produk riset, Kementerian Ristek, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Pameran Gelar Produk Unggulan PUI 2016 di Gedung II BPPT, Jakarta. Pameran ini menampilkan hasil produk lembaga litbang PUI dengan tingkat kesiapan yang beragam.

    Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti, Kemal Prihatman mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI) adalah untuk menghasilkan lembaga litbang yang mampu menghasilkan produk riset yang berkualitas dan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Menurut Kemal PUI dikembangkan untuk membuat suatu lembaga yang bisa unggul dan kompetitif dengan hasil-hasil riset yang bisa terhilirisasi. “Diharapkan gelar produk ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas dalam upaya menjadi lembaga litbang yang unggul, inovatif, dan berdaya saing,” ungkap Kemal di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

    Produk unggulan yang dipamerkan dibagi dalam 8 kluster yaitu kluster pangan dan pertanian (33 produk), kluster material maju (5 produk), kluster teknologi informasi dan komunikasi (5 produk), kluster teknologi dan manajemen transportasi (1 produk). Sampai saat ini, kluster pangan dan pertanian merupakan kluster dengan jumlah lembaga dan produk terbanyak.

    “Pembagian produk unggulan PUI ke dalam kluster ini diharapkan dapat menajamkan fokus supaya mendorong hilirisasi produk unggulan PUI, sehingga proses identifikasi kebutuhan akan lebih efektif,” lanjutnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Ditjen Kelembagaan Iptek Dikti, Agus Indarjo mengatakan tujuan utama kegiatan ini untuk mendekatkan masyarakat dengan produk-produk inovasi yang dihasilkan PUI, sehingga pengembangannya menjadi lebih cepat. Melalui pemeran ini masyarakat akan tahu perkembangan lembaga-lembaga PUI yang cukup signifikan.

    Agus menyampaikan, Kemeristekdikti khususnya Ditjen Kelembagaan Iptek Dikti akan terus hadir, agar apa yang diinginkan oleh masyarakat bahwa inovasi bisa menjadi tulang punggung dalam perkembangan ke depan bisa tercapai. Ditjen kelembagaan juga akan bersama-sama mengurai simpul-simpul yang menjadi penghambat proses hilirisasi, apakah itu aspek birokrasi, administrasi, maupun yang lain.

    “Target kita adalah agar produk-produk itu segera dihilirisasi. Hilirisasi adalah kemitraan antara produk PUI dengan industri kemudian diproduksi dan dijual kepada masyarakat,” pungkasnya.

     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Info Produk
    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    ...
    Senin, 03 Juni 2013 14:45

    Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

    P...
    Minggu, 05 April 2015 14:09

    Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

     ...
    Sabtu, 12 September 2015 23:41
    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    ...
    Jumat, 04 Desember 2015 16:29
    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    ...
    Kamis, 10 Desember 2015 12:12
    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    ...
    Senin, 25 Januari 2016 23:07
    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    ...
    Senin, 01 Februari 2016 11:21
    Angket
    Artikel Apa Yang Anda Sukai?
     
    iklanmapiptek