Homepage
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Reviewer Berstandar Akan Nilai Proposal dan Output Riset

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Menristekdikti dalam acara Pelatihan Reviewer Penelitian Berstandar (Humas Ristekdikti)
     
    Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus berupaya mendorong produktivitas dan keberlanjutan riset dan pengembangan di Indonesia. Salah satunya melalui regulasi penyederhanaan pertanggungjawaban keuangan penelitian. Kemenristekdikti juga menyiapkan Reviewer tersandardisasi untuk perbaikan penyaringan proposal dan output riset. 
     
    Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan sistem keuangan sebelumnya berbasis pada aktivitas. Alokasi penelitian dipertanggungjawabkan berdasarkan berapa biaya perjalanan dinas, ATK (Alat Tulis Kantor), akomodasi dan lain-lain. Semuanya harus diwujudkan dalam bukti pengeluaran.
     
    "Ternyata para peneliti merasakan mempertanggungjawabkan keuangan itu jauh lebih berat daripada penelitiannya sendiri. Makanya peneliti kita berpikir daripada repot-repot seperti itu sudahlah tidak usah melakukan penelitian. Akibatnya jumlah publikasi kita kurang,” jelas Menristekdikti pada acara Pelatihan Reviewer Penelitian Berstandar SNI ISO/IEC 17024:2012, di  Hotel Santika BSD Serpong, pada Selasa (13/12/2016).
     
    Pelatihan ini merupakan salah satu upaya mendukung implementasi  Peraturan Menteri Keuangan Nomor 106 Tahun 2016 dan Permenristekdikti Nomor 69 Tahun 2016 oleh Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan.
     
    Pelatihan ini diharapkan menghasilkan Reviewer penelitian yang mumpuni dalam menilai proposal penelitian dan keluaran penelitian sebagaimana diatur dalam peraturan. Peserta Pelatihan Reviewer Penelitian Berstandar berasal dari LPPM, LPNK, Balitbang Kementerian, dan delapan Balitbang Daerah.
     
    Menristekdikti mengatakan kementerian harus menyiapkan reviewer yang tersandardisasi. Reviewer merupakan bagian dari kelengkapan upaya untuk meningkatkan tiga indikator Risbang, yaitu publikasi, kekayaan intelektual, dan prototipe teknologi. Untuk itu keberadaan Reviewer harus memperlancar dan membuat efisien Risbang sehingga produktifitasnya meningkat.  
     
    Dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 106/PMK.2/2016 dan Permenristekdikti Nomor 69 Tahun 2016 merupakan milestone yang telah dicapai dalam upaya mencari terobosan dalam tata kelola keuangan penelitian, yaitu menyederhanakan pertanggungjawaban keuangan penelitian. Sehingga para peneliti dapat lebih fokus pada penelitiannya, tidak terbelenggu oleh urusan administratif yang dirasakan sangat memberatkan.
     
    Reviewer yang sudah mendapatkan pelatihan diharapkan dapat mendorong lembaga litbang menghasilkan produk-produk inovasi yang masuk dalam technology readiness level (TRL) 9. Hal ini juga harus didorong oleh kebijakan pimpinan yang jelas. 
     
    "Maka pimpinan atau rektor pun harus diundang, jangan sampai LPPM sudah berjalan dengan baik tidak mendapatkan dukungan dari rektor. Demikian pula yang dari kementerian/lembaga, saya akan sampaikan juga kepada para menteri dan kepala yang terkait,” pungkasnya.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Info Produk
    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    ...
    Senin, 03 Juni 2013 14:45

    Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

    P...
    Minggu, 05 April 2015 14:09

    Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

     ...
    Sabtu, 12 September 2015 23:41
    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    ...
    Jumat, 04 Desember 2015 16:29
    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    ...
    Kamis, 10 Desember 2015 12:12
    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    ...
    Senin, 25 Januari 2016 23:07
    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    ...
    Senin, 01 Februari 2016 11:21
    Angket
    Artikel Apa Yang Anda Sukai?
     
    iklanmapiptek