Homepage
Resensi
article thumbnailSejarah Panjang Pengamatan Cuaca di Indonesia

Judul Buku : BMKG, 70 Tahun Melayani Masyarakat Penulis : Tim Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbit : BMKG bekerjasama dengan MAPIPTEK Tebal : viii + 206 halam [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Reviewer Berstandar Akan Nilai Proposal dan Output Riset

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
alt
Menristekdikti dalam acara Pelatihan Reviewer Penelitian Berstandar (Humas Ristekdikti)
 
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus berupaya mendorong produktivitas dan keberlanjutan riset dan pengembangan di Indonesia. Salah satunya melalui regulasi penyederhanaan pertanggungjawaban keuangan penelitian. Kemenristekdikti juga menyiapkan Reviewer tersandardisasi untuk perbaikan penyaringan proposal dan output riset. 
 
Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan sistem keuangan sebelumnya berbasis pada aktivitas. Alokasi penelitian dipertanggungjawabkan berdasarkan berapa biaya perjalanan dinas, ATK (Alat Tulis Kantor), akomodasi dan lain-lain. Semuanya harus diwujudkan dalam bukti pengeluaran.
 
"Ternyata para peneliti merasakan mempertanggungjawabkan keuangan itu jauh lebih berat daripada penelitiannya sendiri. Makanya peneliti kita berpikir daripada repot-repot seperti itu sudahlah tidak usah melakukan penelitian. Akibatnya jumlah publikasi kita kurang,” jelas Menristekdikti pada acara Pelatihan Reviewer Penelitian Berstandar SNI ISO/IEC 17024:2012, di  Hotel Santika BSD Serpong, pada Selasa (13/12/2016).
 
Pelatihan ini merupakan salah satu upaya mendukung implementasi  Peraturan Menteri Keuangan Nomor 106 Tahun 2016 dan Permenristekdikti Nomor 69 Tahun 2016 oleh Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan.
 
Pelatihan ini diharapkan menghasilkan Reviewer penelitian yang mumpuni dalam menilai proposal penelitian dan keluaran penelitian sebagaimana diatur dalam peraturan. Peserta Pelatihan Reviewer Penelitian Berstandar berasal dari LPPM, LPNK, Balitbang Kementerian, dan delapan Balitbang Daerah.
 
Menristekdikti mengatakan kementerian harus menyiapkan reviewer yang tersandardisasi. Reviewer merupakan bagian dari kelengkapan upaya untuk meningkatkan tiga indikator Risbang, yaitu publikasi, kekayaan intelektual, dan prototipe teknologi. Untuk itu keberadaan Reviewer harus memperlancar dan membuat efisien Risbang sehingga produktifitasnya meningkat.  
 
Dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 106/PMK.2/2016 dan Permenristekdikti Nomor 69 Tahun 2016 merupakan milestone yang telah dicapai dalam upaya mencari terobosan dalam tata kelola keuangan penelitian, yaitu menyederhanakan pertanggungjawaban keuangan penelitian. Sehingga para peneliti dapat lebih fokus pada penelitiannya, tidak terbelenggu oleh urusan administratif yang dirasakan sangat memberatkan.
 
Reviewer yang sudah mendapatkan pelatihan diharapkan dapat mendorong lembaga litbang menghasilkan produk-produk inovasi yang masuk dalam technology readiness level (TRL) 9. Hal ini juga harus didorong oleh kebijakan pimpinan yang jelas. 
 
"Maka pimpinan atau rektor pun harus diundang, jangan sampai LPPM sudah berjalan dengan baik tidak mendapatkan dukungan dari rektor. Demikian pula yang dari kementerian/lembaga, saya akan sampaikan juga kepada para menteri dan kepala yang terkait,” pungkasnya.
 
 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Politeknik Industri Logam Morowali Jadi Pusat Inovasi Berbasis Nikel
Selasa, 19 September 2017 | Setiyo Bardono

Technology-Indonesia.com -  Politeknik Industri Logam Morowali digadang menjadi pusat inovasi teknologi dan pengembangan produk berbasis nikel. Sekolah tinggi vokasi yang...

Review

article thumbnail Kembali Menanti Energi Alternatif
Jumat, 19 Maret 2010

Hal itu, lanjut dia, semakin menaikkan ketergantungan Indonesia kepada BBM  untuk sektor transportasi. "Padahal, sekitar 60 persen BBM diserap sektor transportasi," ujarnya.

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailSpecies Baru Burung Hantu Ditemukan di Timur Tengah
21/08/2015 | Dedi Junaedi

Tim riset Natural History Museum of Bern (NHMB) di Swiss melaporkan pihaknya telah menemukan species baru burung hantu. Species itu diberi nama lmiah spesies Strix hadorami sebagai penghormatan terhad [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek