Homepage
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    BPPT Tak Lelah Ciptakan Inovasi dan Layanan Teknologi

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Kepala BPPT, Unggul Priyanto dalam Media Gathering BPPT 2017 (foto Humas BPPT)
     
    JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PT Kimia Farma berhasil membangun pabrik garam farmasi. Pabrik berkapasitas 2.000 ton per tahun ini merupakan pabrik bahan baku pertama di Indonesia.
     
    “Bahan Baku garam farmasi 100% dari lokal. Kami harapkan ini akan menjadi solusi untuk mendorong kemandirian industri farmasi nasional, serta lepas dari ketergantungan impor garam farmasi,” kata Kepala BPPT, Unggul Priyanto dalam Media Gathering BPPT 2017 di Gedung II BPPT, Jakarta, Rabu (18/1/2017). Dalam acara ini deputi teknis menyampaikan berbagai capaian yang telah dihasilkan oleh BPPT.
     
    Menurut Unggul, di tengah berbagai tantangan dan kendala, BPPT di usianya ke 38 tahun tidak lelah untuk terus menciptakan inovasi dan layanan teknologi demi kemandirian teknologi bangsa.
     
    Selain garam farmasi, lanjut Unggul, BPPT menghasilkan inovasi ADS-B yang akan dipakai di sejumlah bandara di Papua. Sistem navigasi ADS-B ini pantas dipergunakan di Papua karena informasi yang diberikan lebih detail.
     
    BPPT juga berhasil melakukan inovasi teknologi di bidang pangan seperti sistem produksi ikan Nila Salina yang mampu hidup di air payau dengan tingkat salinitas (keasinan) 20-25 ppt. Terkait isu daging sapi, BPPT mengembangkan inovasi teknologi peternakan pada sistem integrasi Sapi-Sawit (SISKA). Dalam rangka kedaulatan pangan Nasional, BPPT melaksanakan inovasi dengan diversifikasi pangan non beras untuk konsumsi seperti mie jagung dan mie sagu, serta beras analog.
     
    Untuk inovasi bidang teknologi energi, BPPT menghasilkan produk inovasi PLTP skala kecil tipe flash yang saat ini telah mencapai tahapan sinkronisasi dengan jaringan PLN. Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya mendapatkan sertifikat layak operasi dan pengujian jangka panjang. Sertifikasi ini memungkinkan BPPT untuk melisensikan teknologi PLTP skala kecil ini ke masyarakat, instansi pemerintah, dan sektor swasta. 
     
    Disamping itu, BPPT juga melakukan layanan audit energi dan audit kelistrikan pada industri agar tercipta efisiensi energi.“Banyak ragam inovasi yang telah kita lakukan. Ini semua demi mencapai cita-cita kemandirian teknologi,” lanjutnya.
     
    Pada tahun 2017, Kepala BPPT menyatakan bahwa jajarannya akan fokus pada agenda nasional khususnya Nawa Cita pemerintahan RI. Terkait kebijakan, Unggul meminta peningkatan peran BPPT yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan daya saing industri dan kemandirian bangsa. 
     
    "BPPT akan fokus pada pengkajian dan penerapan teknologi yang memberikan impact atau dampak besar bagi pembangunan bangsa Indonesia. Saya ingin BPPT selalu menunjukkan eksistensinya dalam pembangunan di Indonesia," pungkasnya.
     

    Umum

    Inilah SNI Wajib untuk Mainan Anak
    Selasa, 23 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Jakarta, Technology-Indonesia.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan beberapa Standar Nasional Indonesia (SNI)  tentang Mainan Anak. Sebagian SNI Mainan Anak...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Info Produk
    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    ...
    Senin, 03 Juni 2013 14:45

    Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

    P...
    Minggu, 05 April 2015 14:09

    Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

     ...
    Sabtu, 12 September 2015 23:41
    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    ...
    Jumat, 04 Desember 2015 16:29
    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    ...
    Kamis, 10 Desember 2015 12:12
    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    ...
    Senin, 25 Januari 2016 23:07
    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    ...
    Senin, 01 Februari 2016 11:21
    Angket
    Artikel Apa Yang Anda Sukai?
     
    iklanmapiptek