Homepage
Resensi
article thumbnailSejarah Panjang Pengamatan Cuaca di Indonesia

Judul Buku : BMKG, 70 Tahun Melayani Masyarakat Penulis : Tim Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbit : BMKG bekerjasama dengan MAPIPTEK Tebal : viii + 206 halam [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Tahun 2019, Diharapkan Ada 22 STP Mandiri

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
alt
Direktur Jenderal Kelembagaan Iptekdikti, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Patdono Suwignjo berharap pada akhir 2019 sudah ada 22 Science Techno Park (STP) yang mandiri. Artinya, STP tersebut bisa menghasilkan spin off company, yaitu pengusaha pemula berbasis teknologi dengan pembiayaan sendiri. 
 
“Kalau pun ada bantuan pemerintah itu bukan majority, hanya tambahan saja. Utamanya, dari jasa-jasa untuk melakukan inkubasi, serta jasa untuk menghasilkan spin off company,” ujar Patdono seusai membuka Workshop Menuju Hilirisasi Produk Unggulan Pusat Unggulan Iptek, di Gedung II BPPT, Jakarta, pada Selasa (13/12/2016). 
 
Patdono menerangkan, pada proses pembangunan STP, pemerintah pertama kali akan mendanai pembuatan rencana master plan STP. Setelah itu detail engineering, konstruksi, pembelian alat-alat, serta penempatan personil-personil di organisasi yang ada di STP. 
 
Setelah selesai, STP akan diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) yang akan mengoperasikan.  Saat pengoperasian ada pegawai negeri sipil (PNS) yang ditanggung oleh negara. Namun, ada juga pegawai-pegawai non PNS dan biaya operasional yang diharapkan dibiayai oleh pendapatan STP. 
 
Menurut Patdono, saat diserahkan pada tahun pertama, Pemda belum bisa menggalang pendapat besar. Setelah 3-4 tahun, tenant-nya sudah banyak, sudah terkenal dan perusahaan yang spin off dari STP sudah banyak. Maka akan banyak calon-calon pengusaha maupun peneliti yang penelitiannya ingin dihilirkan. Pendapatan STP juga bisa didapatkan dari pelatihan maupun pendampingan. 
 
Namun, STP tidak bisa beroperasi seluruhnya dengan biayanya sendiri. Jadi harus ada support dari pemerintah. Kalau sudah diserahkan, yang mengoperasikan dan membiayai STP adalah Pemda. “Isu yang paling penting adalah Pemda yang diserahi mengoperasikan STP di APBDnya harus ditambahkan anggaran untuk membayar PNS/pegawai dan operasional STP terutama pada tahun-tahun pertama,” kata Patdono.
 
Patdono mencontohkan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Jember, Jawa Timur yang ditetapkan sebagai STP pada pertengahan 2016 karena akumulasi ilmu dan inovasi yang ada sudah banyak. 
 
“Hasilnya bukan hanya dijual di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Pendapatannya banyak mulai dari penelitian bibit kopi dan cokelat sampai membuat mesin, cokelat, hingga membuka paket tour mengelilingi STP,” lanjutnya.
 
Patdono berharap Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) memiliki STP. Sebab, PTN-BH termasuk PTN yang paling maju, termasuk dalam penelitian yang berujung pada inovasi. 
 
“Kita akan dorong IPB untuk lebih banyak lagi mengintensifkan inovasi-inovasi supaya pengusaha-pengusaha pemula berbasis teknologi pangan dan pertanian lebih banyak lagi bermunculan. Pada akhirnya, membantu masyarakat mendapatkan pangan dan pertanian yang kualitasnya bagus,” pungkasnya.
 
 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Politeknik Industri Logam Morowali Jadi Pusat Inovasi Berbasis Nikel
Selasa, 19 September 2017 | Setiyo Bardono

Technology-Indonesia.com -  Politeknik Industri Logam Morowali digadang menjadi pusat inovasi teknologi dan pengembangan produk berbasis nikel. Sekolah tinggi vokasi yang...

Review

article thumbnail Memperbesar Peluang Energi Baru Terbarukan
Jumat, 19 Maret 2010

  “Sudah ditargetkan melalui Perpres No 5/2006 untuk mengurangi penggunaan minyak bumi. Namun,  hingga saat ini, belum ada action plan pemerintah kendati secara kebijakan atau regulasi...

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailMendorong Peningkatan Daya Saing Ekonomi Melalui Science & Technology Park (STP)
21/08/2015 | Dadan Nugraha SSi MT

Pemerintahan presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah mengagendakan salah satu program prioritas pembangunan berupa pembentukan Science & Technology Park (STP). Hal ini termuat dalam  [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek