Homepage
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Peta Ekoregion Untuk Lingkungan Hidup Lebih Baik

    Penilaian Pengguna: / 1
    JelekBagus 
    Peta_eko_region
    Kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya terancam karena kuaalitas lingkungan hidup semakin menurun. Perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh-sungguh.

    Hal itu disampaikan Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta saat Peluncuran Ekoregion Nasional di Jakarta, pekan lalu.

    Muhammad Hatta melanjutkan peluncuran ekoregion nasional itu diwujudkan dalam bentuk Peta Ekoregion Nasional. “Konsep wilayah ekoregion bisa menjadi jawaban dan jembatan yang mengaitkan antara perencanaa pembangunan, penataan ruang dan pertimbangan lingkungan hidup,” katanya.

    Muhammad Hatta juga menyebutkan sebenarnya Indonesia telah memiliki sistem perencanaan yang lengkap, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat Kabupaten/Kota. Selain itu ada pula Rencana Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang dan Jangka Menengah untuk semua tingkatan tersebut, Rencana Tata Ruang Wilayah maupun rencana sektoral.  

    “Tetapi semua perencanaan tersebut belum bisa memasukkan aspek lingkungan hidup secara menyeluruh di dalamnya. Tampaknya masih ada yang kurang yang dapat mengaitkan upaya pembangunan dengan aspek lingkungan hidup.,” ujar Hatta.

    Peta ekoregion tersebut merupakan awal dari upaya perencanaan lingkungan hidup yang komprehensif. Peta Ekoregion Nasional selanjutnya akan diikuti oleh penetapan wilayah ekoregion pada tingkat pulau/kepulauan dan lebih rinci dilengkapi peta-petanya serta penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Lembaga dan Kementerian nantinya akan menjadikan wilayah ekoregion sebagai dasar pertimbangan dalam perencanaan masing-masing.

    Kepala Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional Asep Karsidi pada kesempatan itu mengatakan saat ini peta ekoregion dibuat secara tematik dengan skala 1: 1 juta. “Ke depan, petanya akan semakin rinci karena akan kita buat hingga skla 1:250,” katanya.

    Peta ekoregion  yang dibuat tematik tersebut menurut Asep Karsidi akan lebih memudahkan masyarakat dalam menggunakan data spasial untuk kepentingan pengelolaan lingkungan hidup.

    Peta Ekoregion Nasional dibuat bekerjasama dengan Bakosurtanal dalam pemanfaatan informasi data spasial sebagai pengembangan data dan informasi sumber daya alam untuk pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

    Wilayah ekoregion merupakan wilayah yang memasukkan  faktor kesamaan ciri iklim, tanah, air, flora dan fauna maupun interaksi antar manusia dengan alam.***
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Info Produk
    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

    ...
    Senin, 03 Juni 2013 14:45

    Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

    P...
    Minggu, 05 April 2015 14:09

    Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

     ...
    Sabtu, 12 September 2015 23:41
    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

    ...
    Jumat, 04 Desember 2015 16:29
    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

    ...
    Kamis, 10 Desember 2015 12:12
    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

    ...
    Senin, 25 Januari 2016 23:07
    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

    ...
    Senin, 01 Februari 2016 11:21
    Angket
    Artikel Apa Yang Anda Sukai?
     
    iklanmapiptek