Homepage
Resensi
article thumbnailSejarah Panjang Pengamatan Cuaca di Indonesia

Judul Buku : BMKG, 70 Tahun Melayani Masyarakat Penulis : Tim Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbit : BMKG bekerjasama dengan MAPIPTEK Tebal : viii + 206 halam [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Peta Ekoregion Untuk Lingkungan Hidup Lebih Baik

Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 
Peta_eko_region
Kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya terancam karena kuaalitas lingkungan hidup semakin menurun. Perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh-sungguh.

Hal itu disampaikan Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta saat Peluncuran Ekoregion Nasional di Jakarta, pekan lalu.

Muhammad Hatta melanjutkan peluncuran ekoregion nasional itu diwujudkan dalam bentuk Peta Ekoregion Nasional. “Konsep wilayah ekoregion bisa menjadi jawaban dan jembatan yang mengaitkan antara perencanaa pembangunan, penataan ruang dan pertimbangan lingkungan hidup,” katanya.

Muhammad Hatta juga menyebutkan sebenarnya Indonesia telah memiliki sistem perencanaan yang lengkap, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat Kabupaten/Kota. Selain itu ada pula Rencana Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang dan Jangka Menengah untuk semua tingkatan tersebut, Rencana Tata Ruang Wilayah maupun rencana sektoral.  

“Tetapi semua perencanaan tersebut belum bisa memasukkan aspek lingkungan hidup secara menyeluruh di dalamnya. Tampaknya masih ada yang kurang yang dapat mengaitkan upaya pembangunan dengan aspek lingkungan hidup.,” ujar Hatta.

Peta ekoregion tersebut merupakan awal dari upaya perencanaan lingkungan hidup yang komprehensif. Peta Ekoregion Nasional selanjutnya akan diikuti oleh penetapan wilayah ekoregion pada tingkat pulau/kepulauan dan lebih rinci dilengkapi peta-petanya serta penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Lembaga dan Kementerian nantinya akan menjadikan wilayah ekoregion sebagai dasar pertimbangan dalam perencanaan masing-masing.

Kepala Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional Asep Karsidi pada kesempatan itu mengatakan saat ini peta ekoregion dibuat secara tematik dengan skala 1: 1 juta. “Ke depan, petanya akan semakin rinci karena akan kita buat hingga skla 1:250,” katanya.

Peta ekoregion  yang dibuat tematik tersebut menurut Asep Karsidi akan lebih memudahkan masyarakat dalam menggunakan data spasial untuk kepentingan pengelolaan lingkungan hidup.

Peta Ekoregion Nasional dibuat bekerjasama dengan Bakosurtanal dalam pemanfaatan informasi data spasial sebagai pengembangan data dan informasi sumber daya alam untuk pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

Wilayah ekoregion merupakan wilayah yang memasukkan  faktor kesamaan ciri iklim, tanah, air, flora dan fauna maupun interaksi antar manusia dengan alam.***
 

Umum

article thumbnail Politeknik Industri Logam Morowali Jadi Pusat Inovasi Berbasis Nikel
Selasa, 19 September 2017 | Setiyo Bardono

Technology-Indonesia.com -  Politeknik Industri Logam Morowali digadang menjadi pusat inovasi teknologi dan pengembangan produk berbasis nikel. Sekolah tinggi vokasi yang...

Review

article thumbnail Memperbesar Peluang Energi Baru Terbarukan
Jumat, 19 Maret 2010

  “Sudah ditargetkan melalui Perpres No 5/2006 untuk mengurangi penggunaan minyak bumi. Namun,  hingga saat ini, belum ada action plan pemerintah kendati secara kebijakan atau regulasi...

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailJejak Meteor di Antartika
20/08/2015 | Dedi Junaedi

  Menjelang akhir tahun 2014, Geofisikan Jerman menjejak fenomena tidak biasa. Dalam satu penerbangan rutin di wilayah kutub Utara, dia menyaksikan adanya jejak aneh membekas di atas hamparan es lau [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek