Homepage
Resensi
article thumbnailSejarah Panjang Pengamatan Cuaca di Indonesia

Judul Buku : BMKG, 70 Tahun Melayani Masyarakat Penulis : Tim Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbit : BMKG bekerjasama dengan MAPIPTEK Tebal : viii + 206 halam [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Pemetaan Desa Masih Terkendala

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
alt
Cakupan ketersediaan CSRT di Indonesia
 
Cibinong, technology-indonesia.com - Badan Informasi Geospasial (BIG) masih menghadapi beberapa kendala dalam penyelesaian pemetaan desa. Dari 74.954 desa di Indonesia, baru 4.150 desa yang selesai pemetaannya pada 2016 atau sekitar 6%. Pada 2017, BIG mentargetkan 7.900 desa sudah selesai dipetakan.
 
Kepala BIG, Hasanuddin Z. Abidin mengatakan kendala penyelesaian pemetaan desa antara lain karena ketersediaan anggaran, kurangnya sumber daya manusia (SDM), dan masalah standardisasi.
 
Selain itu, pemetaan desa juga memerlukan peta rupa bumi skala 1:5.000 yang ketersediaannya belum mencakup seluruh wilayah Indonesia. Akhirnya BIG menggunakan citra satelit resolusi tinggi (CSRT). "Tapi itu perlu ditegakkan atau orthorektifikasi dan pengukuran GCP (Ground Control Point)," kata Kepala BIG di Cibinong, pada Selasa (23/5/2017).
 
Menurut Kepala BIG, selain untuk pemetaan desa, peta rupa bumi skala 1:5.000 akan digunakan untuk rencana detail tata ruang dan reforma agraria. "Jadi jangan hanya mengunakan sesuatu untuk satu purpose namun multi purpose," terangnya.
 
Masalah lainnya, tahun ini tidak ada pembelian CSRT karena adanya pemotongan anggaran di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebagai lembaga yang melaksanakan penyediaan citra satelit penginderaan jauh resolusi tinggi untuk kebutuhan semua sektor. Menurut Kepala BIG idealnya Indonesia segera memiliki satelit remote sensing yang bisa melakukan pemetaan dengan citra resolusi sangat tinggi.
 
Untuk mengatasi masalah pendanaan, BIG berusaha menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah antara lain untuk pemetaan skala skala 1: 1.000. “Misalnya dengan Pemkot Bandung. Dana dari Pemkot Bandung, yang melaksanakan pihak ketiga. BIG hanya menyiapkan standar, mengevaluasi, memverifikasi dan lain-lain. Kalau sudah selesai datanya diharapkan dipakai oleh Pemkot dan untuk memperkaya informasi geospasial kita,” terangnya.
 
BIG juga akan bekerjasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengenai penggunaan dana desa. Kerjasama dengan pihak swasta yang belum dicoba oleh BIG misalnya melalui CSR (Corporate Social Responsibility). “Kadang perusahaan swasta memetakan sendiri. Tapi kadang data mereka tidak terstandar dan tidak disetor ke BIG,” kata Hasanuddin. 
 
Kepala BIG berharap agar ada regulasi bagi siapa saja yang memetakan di Indonesia untuk berkoordinasi dengan BIG mengenai masalah standar dan sebagainya. “Bila sudah selesai datanya bisa untuk memperkaya informasi geospasial yang ada di kita,” pungkasnya. 
 

Umum

article thumbnail Politeknik Industri Logam Morowali Jadi Pusat Inovasi Berbasis Nikel
Selasa, 19 September 2017 | Setiyo Bardono

Technology-Indonesia.com -  Politeknik Industri Logam Morowali digadang menjadi pusat inovasi teknologi dan pengembangan produk berbasis nikel. Sekolah tinggi vokasi yang...

Review

article thumbnail Kembali Menanti Energi Alternatif
Jumat, 19 Maret 2010

Hal itu, lanjut dia, semakin menaikkan ketergantungan Indonesia kepada BBM  untuk sektor transportasi. "Padahal, sekitar 60 persen BBM diserap sektor transportasi," ujarnya.

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailTUNA SI PENGELANA LAUT PUN DIBIAKKAN DI KOLAM
12/02/2014 | Dewlest

Potongan-potongan cumi dan ikan layang bercampur dengan vitamin C dan vitamin E itu tiba-tiba lenyap diperebutkan puluhan ikan tuna sirip kuning yang terkenal tangkas dan gesit di laut.
Ikan-ikan t [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek