Homepage > Bencana > Sistem Peringatan Dini > BPPT Dukung Penerapan Early Warning System di TV Digital
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 2203
    Guest : 2203
    Members : 0

    BPPT Dukung Penerapan Early Warning System di TV Digital

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    Tingginya potensi bencana di Indonesia harus diantisipasi dengan sistem peringatan dini atau early warning system (EWS), sehingga korban jiwa bisa diminimalisir. Salah satu media yang bisa digunakan dalam penerapan sistem peringatan dini bencana adalah televisi (TV) digital.

    Untuk itu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendorong penerapan EWS pada siaran TV digital di Indonesia.

    Menurut Kepala BPPT Unggul Priyanto, TV digital memiliki keunggulan karena dalam satu kanal terdapat 8010 siaran. “Sementara, TV analog hanya memiliki satu siaran untuk satu kanal,” ungkapnya di acara Seminar Nasional Penerapan Sistem Peringatan Dini pada Siaran TV Digital di Indonesia di Auditorium BPPT, Jakarta (10/6).

    Kepala BPPT menambahkan, untuk mengaplikasikan EWS diperlukan suatu teknologi yang bisa menyampaikan pesan secepat mungkin sebelum terjadinya bencana alam pada lokasi tertentu. Selama ini, banyak teknologi kebencanaan berbasis TIK di Indonesia merupakan produk asing, sehingga biaya menjadi tinggi.

    "Hal itu menjadi tantangan besar bagi BPPT, khususnya Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi (PTIK-BPPT). Dengan munculnya sistem digital teresterial free to air di Indonesia telah memberikan satu alternatif TIK bagi BPPT untuk pengembangan teknologi kebencanaan." ujar Unggul.

    Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Pariatmono berharap instansi-instansi terkait bisa bersama-sama mendorong fitur EWS ini untuk masuk ke pasar dan bermanfaat bagi masyarakat.  “Teknologi terbaik adalah teknologi yang sudah menjadi sebuah produk dan dapat dirasakan manfaatnya," lanjutnya.

    Pariatmono menambahkan, EWS yang baik harus bisa memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.  Penyampaian informasi harus cepat sehingga dapat mencegah jatuhnya korban yang lebih banyak serta kerusakan yang lebih besar. Informasi tersebut harus sampai ke setiap individu dan isi informasinya dapat dimengerti. Tak kalah penting, informasi harus diikuti dan dipatuhi oleh yang mendapatkannya.

    Ia meyakini media televisi bisa menyelamatkan banyak orang, seperti saat tsunami Mentawai beberapa tahun silam. Fitur EWS yang diterapkan pada stasiun TV sudah sangat tepat untuk mencegah banyaknya kerugian dari sebuah bencana. “Ke depan diharapkan BPPT mulai melakukan penelitian untuk menyampaikan EWS ke perangkat ponsel," kata Pariatmono.

    Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK-BPPT), Hammam Riza, menyampaikan pelayanan teknologi EWS yang diberikan BPPT merupakan bentuk dukungan terhadap implementasi penyiaran TV Digital di Indonesia.

     

    "Sistem peringatan dini bencana sebagaimana tercantum pada Permen Kominfo No.3 Tahun 2014 merupakan regulasi yang sangat penting bagi proses migrasi TV digital di Indonesia. Karena itu BPPT sangat mendukung dan berpartisipasi dalam proses penerapan fitur peringatan dini pada siaran tv digital ini,” ungkap Hammam. Sumber humas BPPT

     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek