Homepage > Bencana > Bencana Kebumian > Reaktor Keempat di Fukushima Terbakar
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1249
    Guest : 1249
    Members : 0

    Reaktor Keempat di Fukushima Terbakar

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    Reaktor keempat PLTN Fukushima terbakar pada Rabu (16/4) pagi ini. Seperti diberitakan Antaranews.com seorang pegawai memastikan asap telah mengalir dari atap reaktor nomer empat di PLTN itu, kata juru bicara TEPCO (operator Tokyo Electric Power Co) pada wartawan.

    Pemerintah Jepang telah melakukan upaya penyelamatan terhadap warganya dan melarang masyarakat keluar rumah terkait dengan bahaya radiasi akibat ledakan nuklir.

    Ahli Nuklir dari PLN, Herman yang diwawancara stasiun TVOnemengatakan ledakan reaktor keempat di Fukhusima berpotensi berbahaya. Meski demikian ia mengimbau agar masyarakat Indonesia di Jepang maupun masyarakat Indonesia hendaknya tidak panik namun juga jangan terlalu tenang.

    “Sebaiknya pemerintah menunjuk pihak untuk menjadi pusat informasi mengenai perkmbangan terkahir melalui sumber yang dipercaya. Masyarakat jangan terpengaruh informasi yang tidak jelas.Indonesia saya kira menanggapi hal ini dengan netral saja,” katanya.

    Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) sejak awal terjadinya ledakan di Fukushima dalam situs resminya menyebutkan adanya penyebaran radiasi tersebu harus dilakukan tindakan evakuasi sejauh radius 20 Km.

    Menurut Kepala Bapeten AS Natio Lasman, mengapa daerah evakuasinya mencapai 20 km ini terkait seberapa kuat ledakan tersebut yang direpresentasikan dengan ketinggian kepulan (fallout) di atas lokasi reactor. Seberapa kencang tiupan angin, dan kemana arah angin tersebut. Bilamana arah anginnya hanya menuju ke arah tertentu saja, maka yang perlu dievakuasi hanya arah tersebut saja. “Namun, untuk antisipasi bilamana arah angin dapat berubah sewaktu-waktu, maka Pemerintah Jepang menentukan radius tersebut yang harus dievakuasi,” katanya.

    Bagi penduduk di daerah evakuasi Lasman menyebut masyarakatnya harus menuruti segenap instruksi yang diberikan oleh Pemerintah.” Pada tempat yang telah ditentukan, satu per satu mereka akan dideteksi seluruh tubuhnya. Kalau terindikasi adanya debu radioaktif yang menempel pada pakaian, maka pakaiannnya harus diganti, kemudian mandi (shower) agar partikel-partikel yang masih menempel di tubuh dapat lepas dan terikut air. Pada daerah evakuasi dilarang untuk makan ataupun minum di tempat terbuka. Minuman dan makanan yang terbuka dilarang untuk dinikmati. Merokok pun dilarang, karena dikhawatirkan pada saat menghisap rokok maka partikel radioaktif dapat masuk ke dalam tubuh melalui hisapan tersebut,” jelas Lasman.

    Ia menegaskan Bapeten dalam mempersiapkan pengawasan pembangunan PLTN di Indonesia disesuaikan dengan banyak peraturan yang dibuat dalam rangka memenuhi unsur Safety,Security dan Safeguards PLTN. “Meski terjadi kecelakaan PLTN di Fukushima, akibat gempa disertai tsunami yang melanda Jepang, dampak yang ditimbulkan tidak terlalu mengkhawatirkan dan radiasi yang dihasilkannya pun tidak akan sampai ke Indonesia,” tandas Lasman.



     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek